Tips Menyimpan Alat Kebersihan yang Tepat

Tips Menyimpan Alat Kebersihan yang Tepat

    Dibaca 154 kali alat kebersihan

Alat kebersihan merupakan hal penting yang perlu dijaga karena digunakan setiap hari. Jadi, tempat penyimpanannya pun harus mudah ditemukan. Selain itu, karena cukup sering digunakan, maka harus dipastikan kinerja alat tersebut tetap terjaga.

Sebagai peralatan yang digunakan untuk membersihkan berbagai tempat, besar kemungkinan alat menjadi sarang kuman jika tidak dirawat dengan tepat. Hal tersebut tentu saja akan membuat tempat yang dibersihkan menjadi terpapar kuman yang mengakibatkan gangguan kesehatan.

Apalagi jika Anda menyimpan peralatan dalam keadaan basah. Selain dapat menjadi sarang kuman, alat kebersihan yang kotor dan basah juga dapat mengundang kecoak, tikus, ataupun hewan lain yang senang berada di tempat lembap.

Tips Menyimpan Alat Kebersihan

Memperlakukan peralatan kebersihan sama halnya dengan alat-alat yang lainnya. Alat perlu disimpan dengan baik sehingga dapat lebih awet dan kinerjanya tetap terjaga. Apalagi jika berbasis listrik, tentu tidak dapat diletakkan di tempat sembarangan.

  1. Pisahkan Berdasarkan Pemakaiannya

Peralatan kebersihan macam dan fungsinya sangat banyak dan berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya pisahkan peralatan yang digunakan untuk kamar mandi dengan ruangan lainnya, khususnya kamar dan dapur.

Alah kebersihan yang digunakan di kamar mandi kemungkinan memiliki jumlah kuman yang lebih banyak. Jika disimpan dengan peralatan lainnya maka akan terjadi kontaminasi silang.

Akibatnya, ruangan-ruangan yang lainnya juga menjadi tertular kuman tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah mencampurnya, apalagi jika dalam keadaan basah. Peralatan untuk kebersihan kamar sebaiknya diletakkan di ruangan lain.

  1. Keringkan Sebelum Disimpan

Alat kebersihan yang disimpan dalam keadaan basah akan membuatnya menjadi sarang kuman dan jamur karena mikroorganisme tersebut menyukai tempat lembap. Jamur akan mudah sekali tumbuh pada tempat-tempat yang basah dan lembap.

Adanya jamur pada peralatan kebersihan akan membuatnya mencemari ruangan yang dibersihkan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya peralatan kebersihan dikeringkan terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Jika perlu, keringkan di bawah sinar matahari.

Namun, jika dapat mengganggu kinerja peralatan, maka alat tersebut cukup diangin-anginkan hingga kering, baru kemudian dapat Anda simpan.

  1. Letakkan Alat dengan Posisi Berdiri

Alat kebersihan seperti sikat dan alat pel berumbai saat disimpan sebaiknya diletakkan pada posisi berdiri. Sikat yang telah digunakan dicuci terlebih dahulu, kemudian keringkan dan letakkan dengan posisi bulu di atas. Tujuannya adalah agar sikat tidak terkontaminasi lagi oleh lantai dan tidak menjadi sarang serangga atau hewan lain.

Sedangkan untuk alat pel berumbai sebaiknya dicuci dengan benar-benar bersih dan dikeringkan terlebih dahulu. Saat disimpan pun alat pel diletakkan dengan posisi berdiri dan terbalik ke atas sehingga rumbai ada di atas.

Rumbai yang berada di bawah dapat mengundang kecoak untuk bersembunyi di dalamnya. Padahal, kecoak sendiri merupakan sumber kuman. Tentu Anda tidak mau, bukan, rumah Anda didatangi kecoak?

  1. Perhatikan Penyimpanan Bahan Pembersih

Tidak hanya alat kebersihan saja yang perlu diperhatikan, bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan juga perlu disimpan dengan baik. Saat menyimpannya, usahakan bahan pembersih dalam keadaan yang tertutup rapat agar ketika tidak sengaja tersenggol, cairan pembersih tidak tumpah.

Cairan pembersih ini umumnya beracun sehingga saat menyimpannya pun perlu hati-hati dan letakkan pada tempat yang aman dan mudah Anda jangkau. Jangan biarkan anak-anak mendekati tempat penyimpanan bahan pembersih tersebut karena dapat memicu bahaya.

Urusan bahan dan alat kebersihan ini memang tidak boleh disepelekan keberadaannya. Apalagi jika Anda memiliki balita, tentu perlu disimpan dengan baik di tempat yang sulit ditemukan anak-anak. Jika Anda terlalu khawatir akan hal tersebut, sebaiknya gunakanlah jasa pembersih rumah yang terpercaya dan profesional.

Untuk mendapatkan layanan jasa pembersih rumah ini, Anda dapat mencoba mengunjungi website HES di http://hes.co.id/. Pada website tersebut, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang jasa pembersih rumah yang dapat dipercaya.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi di 0822-9899-9779. Jika Anda berdomisili di Jakarta, Anda juga bisa datang langsung ke alamat perusahaan ini, yaitu di Jalan A.M. Sangaji Nomor 35 B.

Bootstrap Templates by uiCookies