Panduan Cara Merawat Rumah Yang Benar Di Musim Hujan

Panduan Cara Merawat Rumah Yang Benar Di Musim Hujan

    Dibaca 464 kali HES Indonesia cleaning tips kebersihan cleaning service jasa kebersihan general cleaning Landscaping Gardening

Musim hujan seperti sekarang ini adalah alasan yang tepat untuk mencari cara merawat rumah yang baik dan benar. Musim hujan memang cukup merepotkan karena Anda arus senantiasa mengecek keadaan rumah dan perabotan. Anda pastinya membutuhkan tenaga lebih membersihkan rumah dari noda cipratan tanah dan noda lainnya.

Sebagai pemilik rumah, Anda tentunya ingin memastikan hunian Anda terjaga dengan baik di segala musim. Anda perlu mempersiapkan segala hal untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal. Berikut ini beberapa cara merawat rumah yang bisa Anda terapkan di tempat tinggal Anda. Yuk simak!

Bagaimana Cara Merawat Rumah Saat Musim Hujan?

Perhatikan Cat Tembok

Musim hujan sangat berpengaruh pada cat eksterior rumah karena dapat menyebabkan kerusakan tembok. Kerusakan tembok umumnya terjadi karena kelembapan akibat air hujan, rembesan air, dan konstruksi yang jelek. Untuk mencegah kerusakan tembok seperti munculnya gelembung, cat yang mengelupas, dan warna pudar, Anda harus melakukan pelapisan.

Cara merawat rumah saat musim hujan yang benar yaitu melapisi ulang tembok dengan cat dasar dan cat khusus yang teruji berkualitas untuk segala cuaca. Pastikan Anda melapisi tembok dengan cat dasar terlebih dahulu sebelum melapisi dengan cat khusus. Hal ini dimaksudkan agar tembok kuat dan tidak mudah mengelupas.

Bersihkan Selokan

Salah satu cara merawat rumah yang benar di saat musim hujan yaitu membersihkan isi selokan. Puing-puing, kaleng bekas, kotoran, dan sampah plastik dapat menyumbat selokan Anda dan menyebabkan air mudah tergenang. Air yang tergenang dapat menjadi sarang nyamuk yang membahayakan kesehatan.

Pastikan Anda membersihkan isi selokan Anda dengan benar agar air dapat mengalir dengan baik saat hujan turun. Dengan membersihkan selokan, Anda dapat mengurangi potensi berkembang biak nyamuk demam berdarah yang sering menyerang di musim hujan. Selain kebersihan tempat tinggal, Anda juga dapat menjaga kesehatan anggota keluarga.

Lihat Keadaan Atap Rumah

Bahan atap dengan kualitas jelek dapat mengakibatkan air hujan meresap ke permukaan atap dan merusak struktur rumah Anda. Periksa dan perbaiki saluran talang air dengan baik adalah salah satu cara merawat rumah yang benar demi kenyamanan penghuninya. 

Jika menemukan kondisi talang air yang sudah cukup parah dan seringkali mengakibatkan kebocoran, lebih baik Anda mengganti dengan talang yang baru agar dapat bekerja maksimal di musim hujan yang lebat. Perhatikan ukuran dan kualitasnya agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama.

Perhatikan Sistem Ventilasi dan Jaringan Listrik

Musim hujan berpotensi menimbulkan hawa lembap di dalam rumah. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik agar udara dapat keluar masuk dengan lancar. Hawa lembap seringkali dapat berpotensi menjadi tempat tumbuh kembangnya bakteri. 

Cara merawat rumah yang baik di saat hujan lebat yaitu memeriksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar rumah. Pastikan dalam keadaan baik agar tidak terjadi korsleting dan mengakibatkan kebakaran. Ganti dengan kabel baru di saat Anda menemukan ada jaringan kabel yang mengelupas.

Pangkas Pendek Tanaman

Musim hujan berpotensi tinggi menjadikan tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman yang lebat dapat menjadi sarang nyamuk atau serangga lainnya. Cara merawat rumah terakhir yaitu pastikan Anda memangkas pendek tanaman sekitar rumah Anda agar terlihat rapi dan bersih.

Cukup mudah, bukan? Apabila Anda tidak tahu mengenai merawat rumah maka lebih baik Anda menggunakan jasa pembersih rumah. Salah satu jasa pembersih rumah berkualitas yang bisa Anda coba adalah HES. Permintaan dan kepuasan konsumen adalah prioritas HES. Anda dapat membuka wabsite ini untuk info lebih lanjut menyangkut cara merawat rumah.

Bootstrap Templates by uiCookies