Tak Perlu Beli, Inilah 6 Produk Pembersih Rumah yang Sebenarnya Bisa Dibuat Sendiri

Tak Perlu Beli, Inilah 6 Produk Pembersih Rumah yang Sebenarnya Bisa Dibuat Sendiri

    Dibaca 641 kali

Biasanya produk pembersih rumah seperti pembersih bak mandi, pembersih kaca, sabun pel dan lain-lain selalu masuk dalam daftar belanja bulanan. Harganya sendiri bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal tergantung pada merk dan ukuran produk. Namun karena produk ini termasuk kebutuhan, konsumen seolah-olah tidak mempunyai pilihan lain sehingga mereka tetap membelinya apapun kondisinya.

Padahal berdasarkan keterangan Jolie Kerr, seorang dari Deadspin’s Ask a Clean Person, produk-produk pembersih rumah tersebut ada yang bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan sederhana seperti yang dijelaskan di bawah ini.

6 Produk Pembersih Rumah yang Bisa Dibuat Sendiri

Sumber Foto

Pembersih Bak Mandi

Produk yang pertama ialah pembersih bak mandi. Dalam menjaga kebersihan bak mandi, Anda bisa menggunakan garam dapur. Silahkan Anda taburkan garam dapur tersebut dalam bak mandi, setelah itu gosok bak mandi sampai kotorannya keluar. Kalau Anda ingin aroma bak mandi menjadi lebih segar, Anda bisa mengkombinasikan garam tersebut dengan lemon atau jeruk bali.

Pembersih Kaca

Produk pembersih rumah yang selanjutnya ialah untuk kaca. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan cuka. Caranya adalah silahkan Anda campur cuka tersebut dengan air putih biasa. Takarannya adalah cuka sebanyak dua sendok makan dan air putih sebanyak dua cangkir.

Jika Anda tidak suka dengan bau cuka, Anda bisa menambahkan minyak esensial dalam campuran tersebut kira-kira sebanyak 10 tetes hingga 15 tetes. Jika sudah, masukkan campuran ke dalam botol semprot lalu gunakan untuk membersihkan kaca.

Sabun Pel

Anda kehabisan sabun pel? Tenang, produk pembersih rumah yang satu ini juga bisa Anda buat sendiri kok. Bahan utamanya ialah lemon dan minyak zaitun. Cara membuatnya, silahkan Anda campur 10 tetes air lemon yang murni, beberapa tetes minyak zaitun serta dua sendok makan jus lemon. Jika sudah, Anda hanya perlu mencari kaos yang sudah tak terpakai untuk dijadikan lap.

Pembersih untuk Sela-Sela Ubin

Terkadang sela-sela ubin bisa berubah warna menjadi hitam. Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia yang berbahaya, cukup gunakan baking soda saja. Caranya adalah silahkan Anda gunakan spon yang sudah dibasahi, lalu celupkan spon tersebut dalam baking soda dan gosokkan langsung pada sela-sela ubin yang menghitam.

Tisu Pembersih

Tisu pembersih adalah salah satu produk pembersih rumah yang sangat boros pemakaiannya. Selain boros, tisu pembersih juga belum tentu bisa membersihkan sesuatu dengan baik. Nah, supaya hasil akhirnya menjadi lebih baik, silahkan Anda ganti tisu pembersih tersebut dengan kain lap tipis.

Kain lap yang dimaksud perlu Anda rendam dalam toples atau wadah yang berisi campuran cuka putih dengan air. Perbandingannya ialah 1:2, dimana 1 untuk cuka putih dan 2 untuk air. Sebagai variasi, Anda juga bisa menambahkan minyak esensial dan tea tree oil juga ke dalamnya.

Pembersih Oven

Selepas dipakai, oven biasanya akan mempunyai noda hitam. Anda bisa mengusir noda hitam tersebut dengan baking soda. Caranya adalah silahkan Anda campur satu sendok makan baking soda dengan tiga sendok makan air. Celupkan kain ke dalamnya lalu gosokkan pada bagian oven yang kotor secara perlahan.

Semudah apapun produk pembersih rumah tersebut, tetap tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan membersihkan rumah cukup melelahkan dan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa menggunakan jasa HES.

HES ialah perusahaan cleaning terpercaya yang siap membantu Anda untuk membersihkan apartemen, rumah, rumah sakit maupun bangunan yang lainnya, dan selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan customer-nya. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, Anda bisa menghubungi kami hes.co.id melalui chat box atau hubungi disini .

Bootstrap Templates by uiCookies