Beda Dengan Office Boy, Inilah Arti Cleaning Service

Beda Dengan Office Boy, Inilah Arti Cleaning Service

    Dibaca 6765 kali HES Indonesia cleaning kebersihan alat kebersihan cleaning service jasa kebersihan

Bagi sebuah perusahaan besar, arti cleaning service begitu penting. Tanpa adanya Cleaning Service (CS) alias tim khusus untuk bersih-bersih, gedung perusahaan akan kotor dan tak terawat sehingga mengganggu proses bekerja. Semakin majunya dunia industri membuat banyak bermunculan perusahaan di berbagai kota dan negara serta meningkatkan kebutuhan akan para CS. 

Hanya saja biasanya kalau bicara CS tak bisa dilepaskan dari sekelompok Office Boy (OB). Meskipun mungkin sama-sama berkutat di sektor pekerjaan kasar bidang kebersihan, baik CS dan OB memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Supaya Anda lebih paham arti cleaning service dan jobdesk mereka, berikut ini ulasan perbedaannya dengan OB agar tidak bingung. 

Perbedaan Arti Office Boy dan Arti Cleaning Service 

Dari Segi Layanan 

Salah satu perbedaan yang terlihat jelas dari kedua jenis profesi ini adalah segi layanan yang dilakukan CS dan OB. Untuk CS mereka memberikan pelayanan kebersihan, kerapian dan higienis sebuah gedung baik di dalam atau luar ruangan. Sementara untuk OB, mereka biasanya ada di sebuah kantor untuk membantu para karyawan dengan melakukan semua pekerjaan mereka di luar jobdesk. 

Pekerjaan Yang Dilakukan 

Seperti namanya, arti cleaning service adalah mereka yang memang bertugas untuk seluruh aksi pembersihan. Biasanya para CS cenderung ditemukan saat membersihkan toilet kantor, lantai-lantai ruangan, tangga hingga lift sehingga mereka kurang dekat karyawan kantor. Hal berbeda justru ada pada OB yang biasanya menyediakan minum atau berkutat di pantry sehingga lebih dikenal para pegawai. 

Jumlah Pekerja 

Dibandingkan OB, para CS memiliki jumlah yang cukup besar. Seperti arti cleaning service itu sendiri, CS memiliki area kerja yang jauh lebih luas dibandingkan OB sehingga mereka bekerja secara berkelompok. Biasanya para penyedia jasa layanan kebersihan membagi CS khusus perempuan dan laki-laki. CS perempuan akan bertanggung jawab di toilet perempuan begitupun CS laki-laki. 

Fakta Industri 

Kendati memiliki perbedaan, baik CS dan OB sama-sama memiliki sumbangsih besar dalam industri kebersihan. Di negara-negara maju benua Eropa, keberadaan kedua profesi ini sangat penting sehingga jumlah pekerjanya sudah menembus satu juta orang dan bernilai ratusan miliar rupiah. Meskipun kadang direndahkan karena tugas mereka, ada banyak sekali cerita CS dan OB yang akhirnya mampu sukses. 

Salah satunya adalah Gunawan, mantan petugas CS asal Cirebon. Pria yang kini berusia 38 tahun itu sudah menjabat sebagai jajaran petinggi sebuah perusahaan penyedia layanan jasa kebersihan setelah 15 tahun bekerja sebagai CS. Dari cuma petugas kebersihan, Gunawan kini mengelola ribuan karyawan. 

Rekrutmen 

Perbedaan lain yang bisa ditemukan dalam CS dan OB adalah soal rekrutmen. Jika OB biasanya langsung perusahaan itu sendiri yang merekrut pegawai demi menunjang kinerja karyawan, tidak dengan CS. Karena biasanya untuk memiliki CS, sebuah perusahaan bekerja sama dengan layanan penyedia kebersihan atau outsourcing (alih daya) profesional seperti HES (PT Hygiene Environmental Service). 

Memahami betul arti cleaning service yang begitu penting bagi perusahaan, HES menawarkan tenaga kebersihan yang sudah berpengalaman dan bertanggung jawab. Berdiri sejak tahun 1995, HES memiliki beragam layanan kebersihan menyeluruh seperti Hygiene Services, Pest Control, Gardening hingga Handyman. Bahkan jika membutuhkan, HES juga bisa menyediakan OB untuk perusahaan. 

Karena keunggulannya, klien HES pun beragam mulai dari perusahaan, instansi, rumah sakit, pusat perbelanjaan hingga rumahan. Bukan cuma sekedar tukang bersih-bersih, HES berpegang teguh pada arti cleaning service itu sendiri yakni membersihkan, menyehatkan dan membuat nyaman siapapun yang ada di dalam ruangan. 

Bootstrap Templates by uiCookies