8 Tips Bersih-Bersih Dapur dengan Cepat Supaya Hasilnya Rapi

8 Tips Bersih-Bersih Dapur dengan Cepat Supaya Hasilnya Rapi

    Dibaca 694 kali HES Indonesia tips kebersihan general cleaning Hygiene

Untuk bersih-bersih dapur memang ada banyak hal yang harus dilakukan. Terutama, yang paling ribet adalah membersihkan peralatan dapur, hingga area seperti dinding dan lantai.

Namun, ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan dapur dengan lebih cepat. Selain itu, Anda pun dapat menjaga kebersihan dapur dengan cara-cara ini.  Seperti apa?

DIY Bahan Bersih-Bersih Alat Masak

 

Membersihkan Kompor dengan Air Teh

Tips ini umum, namun mungkin masih ada yang belum mengetahuinya. Gunakan air teh untuk membersihkan cipratan lemak agar tidak menempel di kompor Anda. Seduh teh empat kali lebih kental dari takaran normal, lalu gosokkan pada kompor Anda. tanin yang terkandung di dalam teh akan membersihkan noda lebih cepat dan mudah.

Pembersih Jeruk Serba Guna

Aroma jeruk sangat wangi dan segar untuk pembersih. Persiapan bahan untuk DIY (di-it-yourself) ini adalah dengan mencampurkan bahan-bahan seperti kulit jeruk, cuka putih air, botol semprot, dan toples kaca yang memiliki tutup.

Cara membuatnya yakni dengan memasukkan kulit jeruk ke dalam toples kaca, tuangi cuka, biarkan selama 1-2 minggu di tempat sejuk. Jika sudah, pindahkan cairan tersebut ke dalam botol semprot, tambahkan air. Kocok agar campurannya menyatu,  dan DIY bahan bersih-bersih ini siap digunakan. Aromanya pun begitu wangi.

Memanfaatkan Baking Soda

Baking soda atau soda kue sebaiknya tidak langsung Anda buang setelah digunakan. Sebab, baking soda dapat membantu Anda membersihkan tempat cucian piring. Tuangkan sisa baking soda ke saluran penyaring sampah di cucian piring, dan biarkan air mengalirinya. Ini akan membuat saluran pembuangan Anda bersih.

 

Trik Bersih-Bersih Dapur yang Mudah

 

Membersihkan Bagian Atas Kulkas

Bagian atas kulkas biasanya cepat kotor, akibat partikel masakan yang terbawa ke udara melalui uap dan menempel di sana. Agar mudah dibersihkan, Anda bisa memberi lapisan plastik pembungkus di atas kulkas tiap bulan. Lepas dan ganti plastiknya secara berkala. Dengan begini, bagian atas lemari es Anda pasti selalu bersih.

Membersihkan Peralatan Anti Karat

Peralatan stainless steel memang terlihat bagus, namun lebih sulit dibersihkan. Salah satu DIY alat bersih-bersih stainless steel adalah alkohol. Tuangkan sedikit pada spon atau handuk kertas, lalu gosokkan untuk membersihkan. Peralatan stainless steel Anda akan kembali berkilau seperti baru lagi.

Menggosok Wastafel Cucian Piring

Wastafel cucian piring adalah bagian yang sangat penting sekaligus paling mudah kotor di dapur. Jika wastafel sudah bersih, selanjutnya lakukan finishing dengan menggosokkan handuk kertas atau lap yang dituangi minyak zaitun atau baby oil.

Ini akan membuat wastafel cucian piring Anda terlihat seperti furnitur baru. Tampilannya tidak hanya terlihat lebih mengkilap. Namun, lapisan minyak dari minyak zaitun atau baby oil membantu mencegah noda makanan menempel di sana.

 

Tips Bersih-Bersih yang Menyegarkan

Menghilangkan Kotoran Minyak Bekas Masak

Jika Anda kesulitan membersihkan minyak masakan yang menempel di kompor, maupun area sekitarnya, coba hindari menggosoknya dengan bahan yang keras. Ganti dengan penggunaan hair dryer untuk menghangatkan bagian yang kotor tersebut. Setelah hangat, bersihkan dengan lap atau kain yang dibasahi air sabun.

Menciptakan Aroma Wangi Lemon di Dapur

Wangi lemon dapat menghilangkan bau masakan seperti ikan bakar, atau masakan lainnya yang beraroma keras. Cukup gunakan lemon asli, lalu tusukkan tusuk gigi atau tusuk sate pada lemon beberapa kali. Rebus dengan air selama 10-15 menit. Aromanya akan keluar dengan sendirinya dan menyegarkan seluruh dapur.

Kegiatan bersih-bersih dapur dan seluruh ruangan rumah akan lebih maksimal jika Anda menggunakan jasa cleaning service HES. HES selalu memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan customer. Gunakan jasa HES untuk solusi kebersihan rumah Anda.

Bootstrap Templates by uiCookies