7 Tips Membersihkan Sofa Kesayangan Anda Agar Tidak Kotor

7 Tips Membersihkan Sofa Kesayangan Anda Agar Tidak Kotor

    Dibaca 330 kali HES Indonesia tips jasa jasa kebersihan kebersihan

Sofa menjadi furnitur penting di dalam sebuh rumah. Benda pertama yang akan diduku pertama kali oleh para tamu ketika berkunjung ke rumah Anda tentu saja adalah sofa yang berada di ruang tamu. Anda tentu saja tidak mau mendapatkan kesan yang buruk dari para tamu karena masalah-masalah kecil pada sofa, seperti noda ataupun waran sofa yang kusam. Sebelum menentukan cara yang tepat untuk membersihkan bahan sofa, periksa terlebih dahulu instruksi yang tertera atau terlampir pada produk sofa yang kamu beli. Dalam instruksi produk biasanya terdapat informasi jenis pembersih apa yang aman dan tidak untuk bahan sofa milikmu. Siapkan alat kebersihan milikmu dan langsung baca tipsnya berikut ini!

- Bersihkan bahan sofa dari debu dan bakteri dengan vacuum cleaner

Lakukan pembersihan dengan vacuum cleaner, jangan lupa untuk menghisap kotoran dan debu yang bersarang di bahan sofa. Tidak hanya pada permukaan bahan sofa saja, dudukan sofa, bagian dalamnya, dan sela-sela sofa  juga perlu dibersihkan dengan vacuum cleaner.

- Untuk noda yang pekat, cuci bahan sofa dengan air, detergen, dan alkohol

Jika noda berlemak menempel pada bahan sofa, cara membersihkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampur air dengan detergen, kemudian tekankan campuran pada bahan sofa yang terkena noda berlemak dengan lap atau spons. Usahakan untuk tidak menggosok atau menyikat bahan sofa. hindari juga menggunakan bahan kimiawi dalam membersihkan sofa berbahan kulit. Hal ini akan membuat warna dan permukaan kulit sofa akan mengalami Abrasi.

- Bila bahan sofa belum bersih, gunakan bahan pembersih sofa khusus

biasanya bahan pembersih sofa khusus mengandung zat asam klorin yang mampu menghilangkan noda membandel dengan lebih efektif. Untuk itu, jika noda tidak juga hilang, kamu perlu menambah bahan/campuran pembersih yang ramah lingkungan agar lebih efektif. Ulangi beberapa kali sampai noda benar-benar hilang dari bahan sofa.

- Pelembab untuk membersihkan bahan sofa kulit

Sofa berbahan kulit mungkin lebih awet dari bahan sofa lainnya, namun sofa kulit juga memerlukan perawatan khusus. Apabila tidak dilakukan perawatan yang baik, bahan sofa kulit rentan mengelupas atau sobek. bersihkan permukaan sofa secara berkala semisal dua atau tiga bulan sekali dengan lap yang dibasahi air. Smartwash Pembersih dan Conditioner dapat dipakai untuk menjaga kelembapan bahan sofa. hindari juga penggunaan pembersih kimiawi yang tidak terkenal, karena dapat merusak bahan sofa kulit. Bahan sofa kulit juga sebaiknya tidak mengalami kontak langsung dengan sinar matahari, zat cair, atau udara terbuka. Oleh karena itu, sebaiknya sofa berbahan kulit tidak dijadikan furnitur untuk luar ruangan.

- Jangan menunggu sofa anda terlihat sangat kotor

Jangan lupa untuk segera membersihkan noda yang menempel pada sofa. Semakin lama dibiarkan semakin besar nodanya untuk menyerap ke dalam bahan sofa, maka akan semakin sulit dihilangkan.

- Jemur bantana sofa anda dengan baik dan benar

Jemurlah bantalan kursi di bawah sinar matahari satu minggu sekali, kurang lebih selama 1 jam. Jangan lupa, pukul-pukul dan balik-balik bantalan agar debu yang menempel hilang. Dengan begitu, isi bantalan akan menyebar rata dan tetap menggembung. Jangan terlalu lama menjemur di bawah panas matahari karena akan memudarkan warna dan corak bantalan.

-  Serahkan pembersihan sofa kepada ahlinya

Jika Anda ragu atau sofa Anda terbuat dari bahan yang mahal dan tidak tau cara membersihkannya, lebih baik serahkan hal tersebut kepada tenaga ahli yang sudah teruji keahliannya. 

Untuk jasa cleaning service profesional, gunakan layanan HES yang berpengalaman dengan standar kebersihan terbaik. hubungi HES disini jangan lupa kujungi hes.co.id.

 

Bootstrap Templates by uiCookies