3 Tips Cuci Sofa Dengan Mudah dan Praktis

3 Tips Cuci Sofa Dengan Mudah dan Praktis

    Dibaca 660 kali HES Indonesia cleaning tips jasa kebersihan Hygiene

Sofa yang ada di dalam rumah kita merupakan salah satu perkakas yang paling sering kita gunakan sehingga juga akan paling mudah kotor. Untuk menghilangkan kotor dan menghindarkan dari bakteri maka sebaiknya lakukan cuci sofa secara berkala. Tapi mencuci sofa sendiri tentunya cukup repot dan membutuhkan pengetahuan tentang cara pencucian yang benar.

Anda tentunya tidak mau kalau setelah dicuci sofa bukannya menjadi bersih tetapi malah menjadi rusak terutama pada bagian permukaannya. Ada beberapa hal yang harus Anda lihat dan lakukan dalam melakukan cuci sofa agar hasilnya memuaskan. Sofa kesayangan Anda akan kembali bersih dan bebas dari kotor serta bakteri berbahaya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dan faktor-faktor yang harus diperhatikan saat mencuci sofa. Inilah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membersihkan sofa.

3 Tahapan Dalam Mencuci Sofa

cuci sofa

Lihat Jenis Kain Pada Sofa

Dalam melakukan cuci sofa hal pertama yang harus diperhatikan adalah lihat apa jenis bahan atau kain pelapis pada sofa karena beda bahan mungkin akan beda juga perlakuannya. Caranya adalah dengan memeriksa tanda (tag) yang berada di bagian bawah sofa. Ada beberapa jenis kain pelapis sofa yang dituliskan dengan kode-kode sebagai berikut :

- Kode “W” dan “WS” artinya sofa boleh dibersihkan atau dicuci dengan sabun yang terbuat dari bahan dasar air.

- Kode “S” berarti sofa harus dicuci dengan menggunakan bahan kimia jenis dry cleaner atau dengan sabun yang bahan dasarnya selain air.

- Kode “X” artinya cuci sofa harus dilakukan oleh jasa pembersih profesional

- Kode “O” artinya mencuci sofa harus menggunakan air dingin karena pelapisnya dari kain organik.

Siapkan Semua Peralatan yang Diperlukan

Meskipun dalam cuci sofa bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan mungkin berbeda karena faktor jenis kain pelapisnya tetapi ada beberapa peralatan dasar yang harus disiapkan. Peralatan tersebut adalah lap, sabun, penghisap debu (vacuum cleaner) dan sikat atau spons.

Langkah-langkah Dalam Mencuci Sofa

Setelah semua peralatan dasar dan peralatan yang disesuaikan dengan jenis kain sofa maka saatnya kita melakukan cuci sofa. Tahapannya adalah sebagai berikut :

▪ Mulailah dengan mencuci bagian kayu atau logam pada bagian pegangan atau juga pada kaki sofa.

▪ Gosok pada bagian tersebut dengan menggunakan sabun dan air agar debu dan kotoran yang menempel hilang. Lap hingga bersih.

▪ Sebelum mulai membersihkan pada bagian permukaan sofa, ambil dan simpan terlebih dahulu bantal-bantal di atas sofa agar lebih mudah dalam proses pembersihan.

▪ Bersihkan permukaan sofa dari kotoran dengan cara menghilangkan debunya menggunakan penyedot debu.

▪ Setelah semua permukaan sofa selesai dibersihkan dengan vacuum cleaner maka saatnya Anda membersihkan atau melakukan cuci sofa.

▪ Sesuaikan jenis pembersih (sabun) dengan kode yang ada pada bagian bawah sofa atau sesuai dengan jenis bahan pelapis pada sofa itu sendiri.

▪ Bahan cairan sabun bisa Anda buat sendiri dengan menggunakan jenis sabun yang sesuai dengan kode dicampur dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot.

▪ Semprot permukaan sofa dengan cairan tersebut kemudian lap dengan kain atau sikat secara perlahan jika ada noda yang membandel.

▪ Keringkan dengan membuka jendela atau menggunakan kipas angin agar tidak terbentuk noda bekas air pada permukaan sofa.

Nah, itulah tips untuk melakukan cuci sofa dengan praktis dan cepat. Untuk mendapatkan info lain tentang hal tersebut, Anda bisa menghubungi kami.

Hubungi kami hes.co.id melalui chat box atau hubungi disini .

Bootstrap Templates by uiCookies